Custom Search

Cara Membuat Screenshoot Web/Blog




Mengambil gambar web/blog, untuk melengkapi gambar untuk sebuah review. caranya mudah hanya dengan tekan PrintScreenSysRq pada keyboard lalu paste pada photoshop dan edit sedimikian rupa kemudian save dalam format JPEG maka jadilah sebuah screenshot.


Namun pada kesempatan ini saya coba tinggalkan cara lama di atas dan kita coba menggunakan beberapa layanan berupa browser plugin (addon), program aplikasi dan pengambilan screenshot berbasis web online agar kita dapat secara praktis membuat screenshot untuk melengkapi penulisan review dan keperluan lainnya.


Berikut ini cara membuat screenshot untuk sebuah web atau blog.


Menggunakan Addon Firefox



1. Abduction! 3.0.10 – Jika Anda pengguna browser firefox (mozilla) sungguh beruntung Anda karena firefox dilengkapi berbagai macam plugins (addon) yang terus dikembangkan dari hari ke hari dan plugin satu ini berupa pembuatan screenshot “Save Page as Image” untuk menggunakannya Anda tinggal menginstal addon firefox “Abduction! 2.019″ restart lalu buka alamat web atau blog yang akan diambil screenshotnya lalu klik kanan atau klik File pada menu browser dan Save Page as Image simpan pada hard drive komputer Anda jadilah sebuah screenshot.

2. Pearl Crescent Page Saver – Pearl merupakan bagian dari extension firefox untuk menyimpan screenshot dari sebuah halaman web dalam bentuk jpg atau png; menyimpan seluruh halaman atau sekedar suatu bagiannya saja dan secara otomatis mengconvert screenshot dalam ukuran yang lebih kecil.

3. Picnik for Firefox – Picnic pun merupakan plugin firefox lainnya untuk pengambilan screenshot hanya saja picnic memiliki keunikan tersendiri yaitu dilengkapi dengan editor gambar secara online. Untuk menggunakannya Anda cukup menginstal, restart dan buka web/blog yang akan diambil screenshotnya klik kanan atau klik Tools pada browser firefox lalu send page to picnic pilih visible page atau full page, tunggu beberapa saat Anda akan dihubungkan pada halaman dimana Anda bisa mengedit screenshot secara online.

4. Screengrab 0.93 – Demikian halnya dengan screengrab ini yang merupakan bagian dari plugin firefox dan memungkinkan Anda untuk menyimpan screenshot web/blog terbuka, seluruh halaman, pilihan atau bingkai tertentu.



Demikian cara membuat screenshot untuk sebuah web atau blog yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

Rina As said...

kalau pembuatan screenshoot scr online dimana ya kira2..
trims banget...

Post a Comment

 
ValuateMySite :: Website Worth Calculator